Click Here to Advertise on My Blog
Feeling, Writing and Sharing...
It's a Life's Journal besides just a Blog
it's just the beginning.. But Enjoy! ^_^

[UNIQUE]Light Graffiti - Menggambar dengan Cahaya Lewat Seni Fotografi

Kamis, 29 Maret 2012
Apa pendapat kalian saat melihat foto ini? 


Kebanyakan orang pasti berfikir foto tersebut merupakan hasil editan komputer / sudah dimodifikasi dengan software pengedit foto. Padahal, foto tadi merupakan hasil karya dari fotografer-nya sendiri. Yup,foto itu merupakan contoh karya fotografi yang dikenal dengan sebutan Light Grafitti; menggambar dengan cahaya. Seni fotografi yang bergabung dengan seni Grafitti. 



THE HISTORY
Light Painting, atau disebut juga Light Drawing/Light Graffiti adalah salah satu teknik di dalam fotografi dimana exposure dibuat pada malam hari atau di ruangan yang gelap dengan menggerakkan sumber cahaya seperti senter,obor,dll atau menggerakkan kamera sambil menghadapi cahaya tersebut. Fotografer pertama yang diketahui menggunakan teknik ini adalah Man Ray pada tahun 1935 dalam seri “Space Writing”.
Bahkan, Pablo Picasso pun pernah melakukan light drawing/sketcing. Pada tahun 1949, seorang fotografer bernama Gjon Mili mengunjungi Picasso dan menunjukkan kepadanya foto seorang ice skaters yang di sepatunya dipasang lampu kecil dan meloncat di kegelapan. Kombinasi inipun melahirkan seri foto Picasso light painting.
beberapa hasil fotonya:


Cabang fotografi ini sebenarnya sudah banyak digeluti oleh fotografer di luar negeri, begitu juga di Indonesia penggemarnya cukup banyak, sebut saja komunitas I Light This di Jakarta.

Selain itu, ada juga Salah satu wadah perkumpulan yang tekun di bidang light graffiti di Bandung. komunitas B.U.L.B (Barudak Urban Light Bandung). berikut adalah hasil-hasil karya mereka







HOW TO MAKE A LIGHT GRAFFITI 

Sebenarnya, gimana sih cara membuat foto seperi itu ? Nah, bagi yang penasaran untuk mencoba memotret lighting graffiti, berikut tips dari Syarief Maulana atau yang biasa disapa Mbuy, pendiri komunitas I Light This.

Siapkan peratan memotret. Selain harus menggunakan kamera SLR, ada beberapa peralatan tambahan yang harus dipersiapkan untuk memotret lighting graffiti yakni tripod dancable rilase. Kedua peralatan tersebut dibutuhkan karena teknik pemotretan ini menggunakan kecepatan rendah ataubulb.
Siapkan Cahaya tambahan. Berhubung teknik pemotretan ini di lakukan di malam hari atau di ruang gelap, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan tambahan, contohnya seperti senter, kembang api, korek api dan lain-lain. Cahaya tambahan ini memang sangat dibutuhkan selain dapat menerangkan objek yang difoto, juga dapat menciptakan efek-efek graffiti.



Gunakan diafragma kecil. Sebenarnya untuk memotret lighting graffiti, settingan diafragma yang digunakan diseusaikan dengan pencahayaan yang ada di sekitar objek. Tetapi umumnya gunakan difragma kecil untuk memotret lighting graffiti. Hal ini memang sengaja dilakukan agar foto yang dihasilkan tidak over-exposure.

Gerak-gerakanlah cahaya tambahan. 
Biasanya untuk memotret lighting graffiti Anda harus mengajak teman Anda untuk membantu menggerak-gerakan cahaya tambahan yang Anda bawa . Jadi, saat Anda menekan tombol shutter, teman Anda menggerak-gerakan cahaya tambahan di dekat objek/model yang Anda foto. Saat menggerak-gerakan cahaya bereksplorasilah sesuai dengan imajinasi Anda.
Satu hal lagi yang harus diperhatikan, saat Anda memotret model yang difoto harus diam, jangan bergerak sesuai dengan setingan shutter speed yang telah disesuaikan.


Bagaimana tertarik untuk menekuni cabang fotografi yang satu ini??

Saya juga bukan fotografer dan tidak menekuni bidang seni. Tapi,saya tertarik untuk mencoba setelah melihat hasil karya Light Grafitti yang unik & nampak glow in the dark. hehe. Jadi jangan kecil hati buat yang masih buta soal dunia fotografi. Bagi yang berminat menekuni dunia fotografi,kalian bisa mencoba Light Graffiti. Kalian bisa dapet hasil foto yang out of the box dengan teknik sederhana.


Buat yang masih bingung sama penjelasan di atas. Di bawah ini ada video tutorial cara membuat Light Grafitti yang simple dan mudah diikuti.. ( buffering bentar, cuma 2 menitan ^^ ) 




***
Selamat mencoba!!






Get your potbellied pig to mate

1 komentar:

  1. Klik komentarnya susah bgt saking seninya tinggi nih blog, hehe.. Keren bikin gituan, tutorialnya dong,... :)

Posting Komentar

Komentar Anda

Ada kesalahan di dalam gadget ini