Click Here to Advertise on My Blog
Feeling, Writing and Sharing...
It's a Life's Journal besides just a Blog
it's just the beginning.. But Enjoy! ^_^

[Fun Fact]Mie Ramen Ternyata (BUKAN) Berasal dari Jepang

Senin, 23 Juli 2012





Mi Ramen kian mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia berkat kelezatannya. Masihkah Anda mengira bahwa mi ramen berasal dari Jepang? “Mi ramen bukan dari Jepang, mi ramen itu dari China,” kata John Chu, Executive Chef Pearl Restaurant Hotel JW Marriott, kepada Okezone di Hotel JW Marriott, Jakarta, baru-baru ini.


Dia menjelaskan, mulanya mi ramen diolah di China. Memang, Negeri Tirai Bambu ini memiliki olahan mi berbeda pada setiap wilayahnya, termasuk mi ramen. “Mi ramen berawal dari daerah di China, tepatnya Lan Cao. Dari sanalah ramen makin populer ke seluruh dunia,” imbuhnya.

Pembuatan ramen, katanya, mengandalkan kekuatan tangan. Gerakan tangan selama pembuatan mi ramen menjadi kunci kenikmatannya. “Kalau mi dibuat dengan mesin, bukan hanya mi ramen saja tetapi semua mi, maka hasilnya tidak akan enak karena sentuhan tangan membuat mi menjadi enak,” lanjutnya.


Lalu, mengapa mi ramen dikenal sebagai menu yang berasal dari Jepang? “Perlu diingat, ramen berasal dari China, bukan dari Jepang. Dari China mi ramen kemudian dibawa ke Jepang. Masalahnya, Jepang bisa membuat mi dari tepung yang kualitasnya lebih baik, ini yang bikin enak, makanya mi ramen identik dengan Jepang,” tutupnya



***

Image Japanese Food


Berikut ini penjelasan om Wiki

Ramen (拉麺;ラーメン?) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba|中華そば|soba dari Cinaatau shina soba|支那そば karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.


Karena Jepang yang lebih berhasil mengembangkan cita rasa Ramen, mie berkuah ini pun kini lebih populer sebagai Japanese Food. Fakta ini juga jarang diketahui oleh masyarakat dunia yang sudah melabeli Ramen sebagai ciri khas masakan Jepang. 
Di Indonesia pun, masyarakat mengenal Ramen dengan image Japanese Food. Hehe. 
Awalnya,Termasuk saya juga sih :p Coba kita lihat di mall-mall. Menu Ramen lebih banyak disediakan di restoran bernuansa Jepang kan? 

Ada juga sih restoran yang menyediakan menu Ramen dalam versi tradisionalnya yang khas Chinese. Saya belum lama ini icip-icip rasa Ramen versi original di Kedai Lamien yang terletak di salah satu Mall daerah Jakarta Barat. Menu yang saya pesan: "Lamien Sechuan"
Memang sih, menurut saya pribadi lebih mantab rasa Ramen modifikasi Jepang. Rasa lamien lebih mild dengan rasa jahe/ginseng yang menonjol. Kalo Ramen Lebih spicy, lebih Maknyooos! Ramen Jepang pun jadi salah satu menu favorit saya saat ke restoran Jepang. (Saya gak terlalu suka sushi,apalagi yang mentah2 ><)

Jadi, Ramen pun semakin melekat dengan citra makanan khas negri Sakura :)
Termasuk bagi masyarakat Indonesia yang mengenal Ramen sebagai makanan yang berasal dari Jepang 
Kenapa saya bisa tahu? Beberapa hari lalu, saya iseng tweet pertanyaan mengenai Ramen dengan hastag #SoalPakGuru Ternyata banyak yang respon dan saya menerima banyak Mention 
Terinspirasi dari pengalaman saya nyobain Lamien, yang ternyata dari Negri Tirai Bambu bukan dari negri bunga Sakura :p




@Rinziero: Dari negara mana mie berkuah yg populer dgn nama 'Ramen' berasal? #SoalPakGuru




Ternyata Mention yang masuk adalah:
Jepang : sekitar 88%
Korea: sekitar 6%
China: sekitar 4%
Lainnya: sekitar 2%


*Lainnya
Jawaban kocak. Konohagakure (desanya Naruto), Jogja, Indonesia. Ciranjang (?) Malah ada yg bilang dari Malaysia?! LOL :p



Ternyata di Indonesia, Ramen bukan saja berlabel Japanese Food, tapi ditambah lagi menjadi Korean Food.. :p 


Mungkin,ini pengaruh semakin menjamurnya pengaruh Kpop dan Kdrama di Indonesia?? Mungkin, di drama Korea pernah liat aktor/artis-nya makan Ramen? XD Who knows? 
Next Post, saya mungkin akan bahas mengenai Korean Food & Dishes aja yah? Ngikutin trend Korea gitu looh.. *hammer*

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda

Ada kesalahan di dalam gadget ini